Kamis, 20 Februari 2014

PULAU LOMBOK - NTB

Sekarang mau nge-post tentang pulau tempat gue tinggal ^^. Sekalian promosi lah wkwk. By the way nih, disini itu terkenal dengan pantainya. Tapi untuk kali ini, baru ngenalin tentang Pulau Lombok sama nama tempat wisatanya aja. Untuk lebih rincinya, Insyaallah gue nge post tentang itu kok, hehehe. Oke, langsung aja yaaa.. Selamat membaca :)


          Pulau Lombok adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terbagi kedalam 4 kabupaten dan 1 kotamadya, yakni Kotamadya Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara. Masing-masing daerah pun memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. 



 Kota Mataram

Selain tempat transit menuju ke tempat-tempat wisata di daerah lain, Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat menyenangkan di Kota Mataram. Misalnya pelabuhan dan kawasan kota tua Ampenan. Atau Anda juga bisa jalan-jalan ke Pasar Cakranegara yang merupakan tujuan utama wisatawan di Mataram. Disini, Anda bisa berburu oleh-oleh dan hasil kerajinan tangan dengan harga murah.

Selain berbelanja, Anda juga bisa melakukan wisata sejarah dan religi di Kota Mataram. Beberapa peninggalan sejarah yang ada di Mataram antara lain Taman Mayura dan Pura Meru yang berada di Kecamatan Cakranegara. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Museum Negeri NTB, Makam Loang Baloq.

Lombok Utara

Jika Anda menyukai hal-hal yang berbau pegunungan, di Lombok Utara lah tempatnya. Di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara, kita bisa menikmati kesejukan alam pengunungan Pusuk yang dihuni ratusan ekor monyet. Selain itu, bagi Anda yang suka mendaki, Anda juga dapat menikmati keindahan alam Taman Nasional Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak-nya yang mempesona. Bagi Anda yang tak kuat atau tak ingin mendaki, di kaki gunung Rinjani juga banyak terdapat objek wisata seperti Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Selain pegunungan, Lombok Utara juga memiliki pantai yang indah bernama Sire Medana yang berada di Dusun Medana. Jika Anda dari Bali, Anda bisa mencapai Sire Medana dengan menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar di Lombok. Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah umat Islam di Lombok, sempatkan diri Anda untuk mengunjugi Masjid Kuno Bayan Beleq di Desa Bayan. Disinilah asal mula kepercayaan Waktu Telu lahir dan berkembang.

Di lepas pantai barat laut Pulau Lombok terdapat gugusan 3 pulau eksotis yang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik dunia, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Namun yang paling banyak dikunjungi adalah Gili Trawangan. Untuk menuju ke Gili Trawangan, Anda dapat menyeberang melalui Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara.

Lombok Timur

Kawasan Lombok Timur disebut-sebut sebagai pusat perikanan Pulau Lombok. Anda bisa menemukan ikan-ikan besar hasil tangkapan nelayan di pelabuhan Tanjung Luar. Selain itu, ada beberapa objek wisata yang bisa Anda jumpai disini, salah satunya adalah pantai Labuhan Haji yang sarat dengan sejarah. Ada juga Tanjung Ringgit dengan keindahan pantainya yang belum banyak dikenal oleh wisatawan. Kawasan ini juga dikenal sebagai penghasil gerabah yang dikerjakan oleh pengrajin-pengrajin di Masbagik.

Lombok Tengah

Barangkali, Lombok Tengah-lah kawasan dengan objek wisata terbanyak di Pulau Lombok. Mulai dari pantai hingga sentra industri kerajinan tangan. Gugusan pantai di Lombok Tengah membentang di sekitar Pantai Kuta. Ada pantai Tanjung A’an, Segar, Mawun, Selong Belanak, Gerupuk dan teluk Belongas. Di pantai itu kita bisa bermain diving, snorkling maupun surfing. Pantai Kuta Lombok memang sangat populer, itu mengapa banyak pilihan tempat menginap disini.

Jika ingin mengetahui secara langsung kehidupan tradisional suku Sasak, Anda bisa mengunjungi Desa Sade Rembitan. Bagi yang ingin melakukan wisata pegungungan, Anda bisa ke Tetabatu yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Anda bisa mandi-mandi sepuasnya di Air terjun yang ada disini yaitu Jukut dan Joben. Sementara itu, sentra industri kerajinan tangan yang bisa Anda kunjungi adalah kerajinan tenun songket di Sukarara, kerajinan anyaman di Beleka dan industri gerabah di Banyumulek serta Penunjak.

Dulunya, bandar udara utama di Lombok, yakni Bandara Selaparang berada di kota ini sebelum akhirnya dipindahkan ke Praya, kabupaten Lombok Tengah dengan nama “Bandar Udara Internasional Lombok” atau yang kerap juga disebut dengan “Lombok International Airport”. Di Mataram ini terdapat dua pusat transportasi penting yakni Terminal Mandalika yang berada di kelurahan Bertais dan Pelabuhan Lembar. Pelabuhan Lembar inilah yang menghubungkan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Lombok Barat

Selain kota Mataram, Lombok Barat-lah yang banyak dikenal oleh para wisatawan. Wajar saja, karena Pantai Senggigi merupakan ikon Pulau Lombok itu ada disini. Selain itu, sekitar 1 km dari Pantai Senggigi terdapat Pura Batu Bolong, pura ditepi pantai ini memberikan susana berbeda kepada setiap wisatawan. 

Bagi Anda yang suka memancing, datanglah ke Bangko-Bangko yang berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong yang memberikan titik-titik strategis untuk memancing. Di Sekotong, Anda juga bisa diving dan surfing di Pantai Sekotong. Di sebelah barat Sekotong, terdapat berbagai gili seperti Gili Renggit, Gili Layar dan Gili Nanggu yang indah. Selain pantai, Anda bisa mengunjungi Taman Narmada, Taman Suranadi, Pura Lingsar, Pura Gunung Pengsong, hutan Sesaot serta Bukit Malimbu. Anda juga bisa mengunjungi sentra ukiran kayu di Labuapi yang merupakan oleh-oleh khas Lombok Barat.




2 komentar:

  1. buat traveller pencinta pulau lombok yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you#amtenar, makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus