Sabtu, 22 Februari 2014

GINGERBREAD COOKIES



Bahan :
Ø 375 gr madu kental dan bening
Ø 250 gr gula palem
Ø 160 ml air dingin
Ø 80 ml shortening
Ø 750 gr tepung terigu
Ø 2 sdt baking soda
Ø 1 sdt garam
Ø 1 sdt bumbu allspice
Ø 2 sdt jahe bubuk
Ø 1 sdt cengkeh bubuk
Ø 1 sdt kayumanis bubuk
Ø Frosting dekorasi siap pakai aneka warna


Cara membuat :
1.      Tuang madu dan air ke dalam mangkuk agak besar. Masukkan gula palem dan shortening. Aduk-aduk hingga larut dan tercampur rata. Tambahkan tepung terigu, baking soda, dan garam. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata, sisihkan.
2.      Campur dan aduk rata bubuk jahe, bubuk cengkeh, dan bubuk kayumanis dan bumbu allspice. Lalu masukkan campuran bumbu ke dalam adonan madu terigu. Aduk-aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur rata, sisihkan.
3.      Siapkan loyang kue kering yang telah dioles sedikit margarin, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius. Taruh adonan di atas permukaan yang rata lalu gilas hingga ketebalan ½ cm. Lalu cetak dengan cetakan bentuk orang-orangan yang telah diberi sedikit tepung. Gilas sisa adonan lalu cetak lagi. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

4.      Lalu susun tiap adonan kue di dalam loyang. Beri jarak diantaranya. Kemudian panggang selama 15 menit hingga matang dan renyah berwarna kecoklatan. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dikeluarkan dari loyang. Lalu masing-masing kue dihias atau digambar dengan frosting di bagian pinggirnya hingga terlihat bentuk orang-orangannya. Biarkan mengeras lalu simpan dalam toples kedap udara.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar