Senin, 27 Januari 2014

LAYANAN DI INTERNET

1.       World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW atau lebih singkat lagi web) adalah media informasi global di mana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang terhubung ke Internet. Web merupakan titik awal ketika ingin menjelajahi dunia Internet. Istilah web sering disalahartikan sebagai sinonim dari Internet, padahal web adalah suatu layanan yang terdapat di Internet, layaknya e-mail. WWW diperkenalkan tahun 1992 oleh Tim Berners Lee.
2.      Mesin Pencari (Search Engine)

Pengembang web membuat sebuah web yang berisi berbagai macam informasi, misalnya alamat situs, dokumen, dan lain sebagainya. Web demikian dikenal dengan nama Mesin Pencari (Search Engine). Mesin pencari adalah sebuah program yang mencari dokumen dengan kata kunci tertentu dan memberikan hasil berupa sekumpulan dokumen (alamat situs, teks, gambar, atau video) di mana kata kunci ditemukan. Contoh Mesin pencari yang terkenal, yaitu Google (www.google.com), Yahoo! (www.yahoo.com), Altavista (www.altavista.com), dan MSN (www.msn.com). Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin (sumber: http://faikhkwnict.blogspot.com)
3.       Surat Elektronik (Electronic Mail)
E-mail (electronic mail) adalah layanan yang tidak lebih dari sebuah pesan teks yang diketikkan lewat keyboard. Setelah selesai diketik, pesan pun dikirim ke pemakai lain. Sama halnya dengan surat pos biasa. Namun, e-mail memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
·         Pengiriman yang cepat.
·         Biaya murah.
·         Mendukung isi multimedia.
·         Kenyamanan karena tidak terbatas ruang dan waktu.
·         Relatif lebih aman.
              Situs yang menyediakan layanan e-mail gratis, antara lain Yahoo! Mail, 
Gmail, Hotmail, dan Eudoramail. (E-mail) yang pertama berhasil dikirimkan  antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlison di BBN suatu hari di tahun 1972. (sumber: http://kacahati.wordpress.com )
4.      Chatting
Chatting adalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentu dengan seseorang yang telah tercatat dalam server IRC (Internet Relay Chat). IRC adalah suatu bentuk komunikasi langsung melalui Internet. Chatting dibagi menjadi dua macam, yaitu berupa teks dan suara. Contoh chatting berbasiskan teks adalah mIRC, Yahoo! Messenger, dan ICQ. Sedangkan chatting berupa suara dapat disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Software gratis yang dapat digunakan untuk melakukan VoIP adalah Skype, Yahoo! Messenger with Voice, dan Google Talk.
5.      Mailing List (Milis)
Milis adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Penyedia layanan milis yang dikenal luas, antara lain www.yahoogroups.com dan www.googlegroups .com.
6.    Perdagangan Elektronik (E-commerce)
Perdagangan elektronik (e-commerce) adalah kegiatan transaksi perdagangan secara online melalui media Internet. Perdagangan elektronik ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business).

BEBERAPA MASALAH YANG DITIMBULKAN DARI PERDAGANGAN ELEKTRONIK
a.     Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
b.    Hukum yang kurang berkembang dalam bidang perdangangan elektronik ini.
c.     Perusahaan di Internet tidak memiliki alamat secara fisik di suatu negara tertentu.
d.    Konsumen sulit memperoleh jaminan untuk mendapatkan servis lokal atau perbaikan
e.     Produk yang dibeli konsumen kemungkinan tidak sesuai dengan persyaratan lokal.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang perdagangan elektronik, antara lain Ebay, Yahoo!, Amazon, Google, dan Paypal. Adapun contoh situs perdagangan elektronik di Indonesia, antara lain www.glodokshop.com, www.indogrosiran.com, dan www.bukabuku.com.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar